Tips Aman dan Nyaman Liburan Panjang Menggunakan Sepeda Motor

  • otofinance2016
  • |
  • Monday, 24 Dec 2018

Otofinance, Jakarta - Libur panjang Natal dan Tahun baru biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk berkumpul bersama keluarga dirumah atau untuk liburan keluar kota. Nah, bagi Anda yang ingin merencanakan liburan dengan waktu yang terbatas, liburan menggunakan motor kesayangan  atau istilah kekiniannya riding dapat dijadikan kendaraan alternatif yang tepat.

Selain lebih hemat biaya dan waktu karena masih bisa selap-selip di kemacetan, liburan panjang menggunakan sepeda motor juga punya sensasi tersendiri. Namun sebelum Anda berlibur ada beberapa tips agar perjalanan Anda aman dan nyaman sampai tempat tujuan, seperti berikut ini:

Kenali Fungsi dan Kegunaan Sepeda Motor

Sepeda Motor merupakan alat transportasi yang paling efektif dan irit untuk jarak tempuh sampai 100 Km lebih. Untuk hal tersebut, pengendara harus mengenali fungsi dan jenis sepeda motor yang dimiliki. Misalnya dalam manajemen muatan yang akan dibawa dalam perjalanan.

Akan lebih baik jika pengendara mampu menyesuaikan muatan yang dibawa sesuai dengan fungsi dari jenis sepeda motornya. Contoh: Riding dari Jakarta – Bandung menggunakan motorsport 150cc namun membawa muatan satu karung beras dan tas carrier di belakang.

Secara estetika, perumpamaan diatas memang tidak ada masalah dan aturannya, namun secara fungsi hal itu sepertinya justru akan menyiksa si pengendara sendiri. Terlebih dari itu, faktor kenyamanan juga menjadi penting untuk menghindari resiko yang terjadi selama perjalanan.

Periksa Kondisi Kendaraan dan Juga Pengendara

Sebelum melakukan perjalanan, pengendara disarankan untuk selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum bepergian. Jika ada yang perlu diperbaiki maka akan lebih mudah untuk melakukan service terlebih dahulu tanpa menganggu perjalanan nanti.

Selain kondisi kendaraan, sang pengendara pun harus diperiksa juga. Hal itu dikarenakan jika berkendara dalam kondisi tubuh yang kurang fit dapat menyebabkan resiko kecelakaan sehingga konsentrasi pengendara dapat menurun secara drastis. Alangkah baiknya 1 hari sebelum keberangkatan disarankan agar beristirahat yang cukup dan mengkonsumsi vitamin, makanan dan buah yang bergizi.

Pastikan Membawa Surat Kelengkapan Berkendara

Satu hal wajib yang perlu dimiliki oleh para pengendara adalah kelengkapan surat – surat resmi berkendara. Dalam berkendara Anda harus tertib terhadap peraturan lalu lintas. Pastikan Anda membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Izin Mengemudi). Pastikan pula surat-surat tersebut masih berlaku sesuai peraturan yang berlaku.

Selain itu, bawa pula surat atau dokumen pelengkap seperti KTP atau kartu asuransi dan jaminan keselamatan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Lengkapi Berkendara Dengan Aksesoris Yang Mendukung

Bagi pengendara sepeda motor pastikan kelengkapan lainnya terpenuhi seperti memasang kaca spion, Lampu dan Klakson berfungsi. Selain itu, jika memang membutuhkan aksesoris untuk pendukung, gunakan lah yang tepat sesuai fungsinya tanpa mengenyampingkan kenyamanan, keamana dan tata tertib berkendara.

Berbagai macam aksesoris kini banyak tersedia di pasaran. Anda bisa memanfaatkannya dari sisi fungsi seperti GPS, Side Box, atau sandaran bagi penumpang belakang. Selain menambah nilai estetika pada motor kesayangan, fungsi dan kenyamanan juga akan bertambah untuk mendukung perjalanan.

Istirahat yang Cukup Dan Menikmati Perjalanan

Berkendara saat kondisi tubuh lelah dan mengantuk bisa mempengaruhi konsentrasi si pengendara. Setiap menempuh perjalanan maksimal 3 jam perjalanan, pengendara harus beristirahat maksimal 30 menit. Dianjurkan beristirahat agar kondisi badan kembali fit dan bisa konsentrasi lagi.

Tidak perlu terburu – buru agar cepat sampai tempat tujuan. Keselamatan nomor satu, maka dari itu pengendara harus wajib berhati – hati dan menikmati perjalanan agar perjalanan tetap santai dan nyaman. Selamat berlibur! Semoga perjalananmu mengesankan dan jangan lupa untuk selalu berkendara secara aman dan nyaman! (Dandung/Auditya/Otocoid)

Tags : Tips Berkendara Tips Touring OTO Finance OTO Kredit Motor



related news