Tak Cuma Di Mobil, Air Radiator Juga Penting Untuk Motor

  • audityagunawan
  • |
  • Thursday, 28 Jul 2022

Otofinance, Jakarta - Air radiator digunakan sebagai pendingin mesin agar motor tidak mengalami kepanasan atau overheat. Fungsinya sebagai penjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap optimal. Senyawa kimia yang terdapat di dalamnya juga berfungsi sebagai proteksi pada bagian sistem pendingin.

Terbuat perpaduan dua bahan utama, air radiator dapat mencegah logam di dalamnya terhindar dari korosi. Air radiator juga digunakan untuk menjaga karet agar tetap lentur dan tidak cepat mengalami pemuaian yang bisa menyebabkannya menjadi kaku.

Mengenai cara kerjanya, panas yang terjadi pada bagian mesin motor akan diserap oleh cairan radiator atau coolant untuk kemudian bersirkulasi melewati water jacket. Kemudian, cairan yang sudah panas akan menyebar ke seluruh bagian radiator melalui angin. Setelah dingin, cairan akan dikembalikan pada bagian mesin untuk penggunaan berikutnya.

Lalu, bagaimana memilih air radiator yang baik untuk motor? Di pasaran, banyak beredar air radiator berwarna hijau maupun merah, apapun warnanya sebaiknya pilih air radiator yang memiliki kandungan Ethylene Glycol tinggi. Bahan inilah yang memiliki pengaruh tinggi pada titik didihnya. Uniknya, Anda juga bisa menggunakan air radiator yang biasa dijual untuk mobil.

Kemudian untuk waktu penggantian, air radiator perlu dikuras dan diganti agar dapat berfungsi dengan baik. Waktu yang paling tepat untuk menggantinya adalah setiap 9.000 sampai 10.000 kilometer. Terlebih bagi pemilik motor yang hobi touring atau berpergian jauh, mengecek air radiator harus menjadi agenda wajib setiap kali berangkat.

Jadi pastikan motor Anda tetap dalam kondisi prima dengan meluangkan waktu sejenak untuk memerhatikan air radiator yang tidak membutuhkan kocek besar dengan harga jual rata-rata tidak sampai Rp 50.000. Motor sehat bikin berkendara semakin selamat dan menyenangkan.

Simak terus tips otomotif dari Oto Kredit Motor hanya di Otofinance.co.id

 

Tags : Tips Berkendara Tips Otomotif Tips Touring OTO Kredit Motor OTO Finance



related news