Ini Waktu Yang Diperlukan Untuk Memanaskan Mesin Motor Sebelum Bepergian

  • audityagunawan
  • |
  • Monday, 27 Sep 2021

Otofinance, Jakarta – Bagi Anda yang terbiasa melakukan kegiatan mobilitas menggunakan sepeda motor, pasti tidak asing dengan istilah memanaskan mesin.

Terlepas dari tren otomotif sekarang dimana kebanyakan motor diproduksi dengan sistem pengapian injeksi, apakah masih perlu memanaskan mesin sebelum pergi? Serta berapa kah durasi waktu yang ideal untuk memanaskan sepeda motor dengan sistem pengabutan injeksi?

Seperti diketahui, sistem pengabutan injeksi seperti sudah menjadi fitur standar saat ini. Kinerja fitur tersebut dinilai lebih tepat dan optimal berkat pengaturan proses pencampuran oksigen dan bahan bakar secara elektronik.

Sama seperti mesin yang menggunakan karburator untuk pengapian, sistem injeksi pun butuh memanaskan mesin sebelum digunakan. Hal itu disampaikan oleh Slamet Kasianom selaku Senior Technical Advisor Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Menurutnya, motor dengan sistem injeksi sebaiknya tetap melakukan pemanasan mesin sebagaimana mestinya khususnya di pagi hari sebelum digunakan untuk beraktivitas.

"Masih perlu, minimal satu menit agar oli mesin dan cairan bisa menyebar ke semua part. Jadi campuran udara dan BBM juga akan menjadi lebih ideal, karena kandungan oksigen di udara yang diperlukan untuk pembakaran dipengaruhi oleh suhu atau temperatur udara sekitar intake," kata Slamet seperti laporan Kumparan.

Ia melanjutkan, memanaskan mesin motor sebelum digunakan dapat diumpamakan seperti atlet yang akan mulai bertanding. Semakin baik pemanasan dilakukan, semakin siap untuk beraksi.

Bagaimana jika memanaskan mesin dengan sistem injeksi terlalu lama? Slamet mengatakan, motor injeksi pada dasarnya sudah memiliki teknologi yang memungkinkan untuk membaca suhu mesin secara otomatis. Sehingga, idealnya motor injeksi dipanaskan paling lama 2 menit.

Memanaskan motor pun juga tak bisa terlalu lama, disebabkan oleh kadar karbon monoksida yang beracun. Ini wajib diperhatikan terutama bagi pemotor yang tidak memperhatikan lokasi ketika memanaskan motor injeksi.

Usahakan pilih lokasi yang terbuka saat memanaskan motor agar tidak terlalu banyak menghirup karbon monoksida guna menghindari kehilangan kesadaran bahkan parahnya bisa berakibat kematian.

Tags : Tips Berkendara OTO Kredit Motor OTO Finance



related news