Yamaha Aerox 125LC Ringan dan Lincah Bermanuver

  • |
  • Wednesday, 02 Mar 2016

OTOFINANCE - Jakarta, Satu lagi model skutik dikeluarkan Yamaha Indonesia dengan kapasitas mesin 125 cc untuk mendampingi GT125 Eagle Eye dan Xeon RC. Adalah Yamaha Aerox, skutik yang didesain lebih sporty dengan inspirasi desainnya bersumber dari model supersport. Terlihat sudut-sudut tajam pada Aerox memberikan kesan agresif yang begitu mencolok mulai dari depan hingga buritan.

Air duct Yamaha YZF-M1 disebut-sebut sebagai sumber inspirasi desain lampu depan Aerox yang telah menggunakan LED. Seperti layaknya motor sport, lampu sen depan dan belakang pun dibuat terpisah. Menariknya, bagian sayap skutik ini terdapat sirip atau winglet yang biasa menempel pada motor balap yang berlaga di ajang MotoGP. Inilah yang membuat Aerox disebut-sebut sebagai skutik bergaya balap.

Area setang batang kemudi Aerox memiliki karakter mirip dengan X-Ride yang lebar. Model speedometer-nya pun mirip dengan skutik berkarakter offroad tersebut. Sementara bagian kunci telah mengaplikasi Smart Key Shutter yang multifungsi dan aman. Selain bisa digunakan sebagai kunci kontak, juga berguna sebagai akses ke bagasi atau membuka jok, dan pengaman saat parkir.

Menguji langsung skutik seharga Rp 18,2 juta ini di sirkuit Sentul, Yamaha Aerox memiliki kemampuan sebagai skutik yang lincah. Karakter ini tidak jauh berbeda dengan GT125. Aerox 125LC bersenjatakan mesin satu silinder SOHC, berkapasitas 125 cc dengan torsi 10.4 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga 11,2 hp pada 9.000 rpm. Berdimensi dimensi panjang 1.857 mm, lebar 742 mm dan tinggi 1.070 mm serta jarak sumbu roda 1.265 mm, cukup mudah menaklukkan Aerox ini.

Menggunakan ban depan berukuran 70/90-14M/C 34P dan 100/70-14M/C 51P di belakang membuat motor ini terasa nyaman saat menikung. Tapak ban belakang yang lebar memberikan kepercayaan diri ketika bermanuver. Kelincahan Aerox dapat dirasakan saat berada di area slalom. Jalan berkelok-kelok dengan sudut bervariasi, skutik ini mudah dikendalikan.

Tags :



related news