Vokasi Honda Sumbang Mesin Motor di Ambon

  • otofinance2016
  • |
  • Tuesday, 30 Jan 2018

OTOFINANCE, Jakarta – Tidak hanya mengembangkan bisnisnya, PT Astra Honda Motor (AHM) juga memperluas kontribusi bagi pengembangan pendidikan vokasi industri ke Indonesia Timur. Hal ini ditandai dengan implementasi Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di SMK Negeri 4 Ambon, Maluku.

Implementasi Kurikulum TBSM Astra Honda yang berlangsung di aula SMK Negeri 4 Ambon pada Sabtu (27/01) ini diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman antara AHM, Astra Motor Makassar, dan SMK Negeri 4 Ambon yang disaksikan oleh jajaran pejabat di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku. Bersama dengan acara ini, AHM juga melakukan penyerahan donasi sepeda motor Honda dan seperangkat special tools untuk SMK Negeri 4 Ambon.

Ahmad Muhibbuddin selaku Deputy Head of Corporate Communication AHM mengatakan implementasi kurikulum TBSM ini merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam berkontribusi aktif mendukung peningkatan kompetensi generasi muda di bidang otomotif. Program ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan pendidikan vokasi industri di SMK.

Sejak bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di 2010, AHM telah mengembangkan kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda. Namun seiring perkembangan kebutuhan dan kemajuan terhadap perekonomian masyarakat, AHM kini mulai memperluas fokus pembinaan generasi muda SMK untuk pandai berwirausaha. Hal ini diwujudkan melalui perubahan program pembinaan yang kini menjadi Kurikulum TBSM Astra Honda.

Melalui Kurikulum TBSM Astra Honda, AHM bersama jaringan main dealer seluruh Indonesia melakukan berbagai pelatihan secara intensif dengan materi yang selalu diperbaharui sesuai perkembangan teknologi dan tren usaha terkini. Kurikulum TBSM Astra Honda juga dikembangkan secara sistematis dan terstruktur, baik dari sisi kurikulum, peningkatan kompetensi para pengajar, hingga standardisasi kompetensi para siswa.

Hingga kini, AHM saat ini telah memiliki 29 SMK binaan di wilayah Indonesia Timur yang mengimplementasikan Kurikulum TBSM Astra Honda. Secara keseluruhan, jumlah SMK binaan AHM di seluruh Indonesia saat ini tercatat 664 SMK yang tersebar di 31 provinsi di Tanah Air.

 

Tags : AHM Honda SMK



related news