Tren Ramah Lingkungan, Yamaha Kantongi Hak Paten Dua Motor Listriknya

  • otofinance2016
  • |
  • Tuesday, 23 Feb 2021

Otofinance, Jakarta – Dalam upaya berkontribusi akan ramah lingkungan, merk otomotif Yamaha baru saja mendapat hak paten dua skuter listriknya, yaitu E01 dan EC-05. Motor konsep yang dikenalkan dalam gelaran Tokyo Motor Show 2019 itu dikabarkan segera masuk tahap produksi massal dalam waktu dekat.

Dilansir dari Visordown, Senin (22/2), selain mendaftarkan hak paten, pabrikan motor asal Jepang ini juga mengajukan hak atas kekayaan intelektual untuk kedua motor listriknya. Artinya, Yamaha kian serius melindungi desain motor tersebut agar terlindungi dari plagiat.

Tak hanya itu, Yamaha turut mencantumkan syarat perubahan desain pada motor itu di masa mendatang yakni dengan menyematkan teknologi yang ada di motor super sport Yamaha R1 pada skutik gambot tersebut.

Selain E01, Yamaha juga mengajukan hak paten nama EC-05, sebuah skuter yang dibekali unit swap baterai. EC-05 diklaim akan menjadi skuter yang cocok untuk konsumen Eropa. Urusan jantung pacu, EC-05 dibekali motor listrik yang sanggup berlari seperti motor berbahan bakar konvensional menggendong mesin 125 cc.

Seperti diketahui, Yamaha EC-05 merupakan motor konsep awal Nmax di Eropa yang memakai mesin 125 cc. Yamaha EC-05 juga disebut lebih unggul dari E01 karena bisa menerapkan konsep battery swap sehingga pengguna tak perlu khawatir jika baterai terkendala.

Namun disayangkan, hingga saat ini pihak Yamaha masih menutup rapat keran informasi mengenai kapan waktu pasti skuter electrik ini akan diperkenalkan.  Namun banyak spekulasi yang mengatakan jika memungkinkan kedua produk ramah lingkungan dari Yamaha ini akan mulai produksi pada akhir 2021 atau awal 2022.

Tags : Yamaha EC-05 Yamaha E01 Yamaha Motor OTO Kredit Motor OTO Finance



related news