Suzuki Jepang Akui Tengah Siapkan Katana 150cc, Bagaimana Di Indonesia?

  • otofinance2016
  • |
  • Monday, 24 Feb 2020

Otofinance, Jakarta – Dalam beberapa waktu terakhir, pabrikan roda dua asal Jepang, Suzuki dikabarkan tengah bersiap menyambut kehadiran motor legendaris buatannya yakni Suzuki Katana dalam varian bermesin kecil. Bahkan, bocoran gambar atau render mengenai tampilannya sudah tersebar ke berbagai lini massa.

Atas hal tersebut, Masahiro Nishikawa selaku Executive General Manager Suzuki Motor Corporation Japan akhirnya angkat bicara. Menurutnya, Katana versi mesiin kecil yang sedang disiapkan itu bukan lahmenggunakan mesin 125cc seperti yang dibicarakan banyak kalangan, melainkan 150cc seperti yang yang digunakan keluarga GSX.

Itu artinya, tunggangan tersebut mendapat asupan tenaga sebesar 19 daya kuda, serta torsi puncak 14 Nm. Sedang mesinnya sendiri masih bersilinder tunggal DOHC dengan sistem pendingin cairan.

Secara tampilan, Katana 150 sangat berbeda dengan versi mogenya. Motor ini didesain Hans Muth, mantan desainer BMW. Katana 150 menampilkan desain wedge modern yang unik, motor ini mungkin bukan masuk ke kelas super naked, lantaran menggunakan fairing buntung atau kerap disebut half fairing.

Selain itu dimensinya juga dibuat lebih rendah layaknya motor sport bermesin kecil lainnya. Hal itu bisa terlihat melalui sepasang roda, dudukan, serta tangki yang dirancang agak turun.

Selanjutnya mengutip Greatbiker (24/2), Katana 150 dibicarakan tak hanya beredar di Jepang, melainkan menjadi produk global. Tak hanya sampai situ, media otomotif kenamaan asal Jepang ini menyebutkan jika basis produksi Katana 150 nantinya akan berada di Indonesia.

Kendati belum diketahui kepastian peluncurannya, namun kabarnya motor bertampang unik itu akan memulai debutnya pada penghujung 2020 nanti. Soal harga, mengingat komposisi mekanisnya masih menggunakan milik GSX R-150, maka kemungkinan angkanya berada di kisaran Rp30-35 jutaan. Lalu bagaimana Suzuki Indonesia menanggapi kabar tersebut?

Department Head of Sales and Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales, Yohan Yahya mengatakan, pihaknya tentu mempertimbangkan untuk menjual Katana 150 dalam waktu dekat. Namun, hingga saat ini masih dalam proses studi mengenai fitur serta tren konsumen di Tanah Air.

 “Salah satunya bagaimana membuat motor yang baik, dengan harga kompetitif dan hal lain menjadi pertimbangan. Sehingga saat ini kami masih menilai, apakah motor Katana ini dengan harga dan lain-lain bisa cukup di-accept di Indonesia,” ujar Yohan.

Tags : Suzuki Katana Suzuki New Katana Suzuki Katana 150 Katana 150 PT. Suzuki Indomobil Motor OTO Kredit Motor OTO Finance



related news