Strom, Motor Listrik Asli Buatan Thailand

  • otofinance2016
  • |
  • Monday, 10 Apr 2017

OTOCOID, Bangkok - Jika Pemerintah Indonesia dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) masih mengembangkan Gesits, Thailand sudah melangkah lebih jauh dengan mengenalkan dan memamerkan Strom, motor listrik asli buatan lokal. Di event Bangkok International Motor Show (BIMS) 2017, Strom bisa dilihat dengan berbagai desain dan model untuk mengikuti keinginan dan gaya hidup masyarakat Thailand.

 

Strom awalnya disebutkan hadir untuk menjawab program Pemerintah Thailand dalam mengurangi emisi gas buang. Motor listrik ini menggunakan Oska Batteries, yang merupakan adik perusahaan dari Strom yang sudah 20 tahun memproduksi baterai asli buatan Thailand. Sementara untuk urusan penjualan dan layanan servis, dipercayakan kepada Prestige Motorcars yang juga menjadi dealer khusus untuk mobil Jaguar Land Rover di Thailand.

 

“Selain ramah lingkungan, biaya perawatannya pun murah. Buktinya untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh, Strom Sailfish hanya membutuhkan uang 6 Bath (sekitar Rp 2.400). Sedangkan untuk Strom Cheetah hanya membutuhkan uang sekitar Rp 6.800 untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh,” ujar Lt. Col.M.R. Biranubongse Bhanubandh, Project Director, Strom (Thailand) Co.,LTD.

 

Untuk menggapai semua segmen kebutuhan masyarakatnya, motor listrik ini mempunyai berbagai desain, mulai dari bentuk skutik klasik, skutik berbodi bongsor, hingga model motor sport. Artinya, Strom ini bisa masuk di kalangan anak muda Thailand, bikers yang gemar touring, penunjang life style para bikers, hingga pengendara yang bekerja sebagai delivery service.

 

Untuk anak muda, Strom menawarkan Greyhound yang bisa digunakan sejauh 125 km dan memiliki top speed 85 km/jam. Sedangkan untuk kebutuhan touring bisa memilih Strom Cheetah yang bisa berakselerasi hingga 115 km/jam. Sementara itu, Strom Sailfish yang berdesain klasik bisa menunjang life style seorang bikers dan Strom Firefly bisa dipakai untuk jasa transportasi penumpang atau kurir pengirim paket.

 

Di Thailand, motor listrik ini dijual dengan harga 49.000 Bath sampai 190.000 Bath, atau jika dikonversikan ke mata uang rupiah, harganya sekitar Rp 19,5 juta hingga Rp 75 Juta.

Tags : Bangkok Motor Show 2017 Strom Oska Batteries Jaguar Land Rover Motor Listrik



related news