Senang ‘Blusukan’ Pakai Motor Trail? Jangan Lupa Lengkapi Alat Keamanan

  • otofinance2016
  • |
  • Wednesday, 02 Dec 2020

Otofinance, Jakarta – Tren motor trail saat ini semakin banyak digandrungi oleh pencinta petualang. Aktivitas yang bisa dilakukan dengan motor ini adalah menjelajah ke berbagai daerah pelosok perbukitan hingga pegunungan.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi para pengendara moto trail terutama keselamatan diri. Johanes Lucky selaku Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan alat perlengkapan berkendara atau riding gear adalah hal wajib digunakan saat mengendarai motor trail di medan off-road. Adapun beberapa perlengkapan tersebut adalah:

1. Helm

Dalam off-road, helm merupakan proteksi penting untuk menghindari benturan secara langsung. Namun helm off-road memiliki tampilan yan berbeda yakni bagian pelindung rahang helm off road lebih panjang dengan tujuan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara serta meminimalisir efek benturan pada bagian gigi dan rahang saat terjadi benturan. Helm untuk off road biasanya tidak memiliki visor agar melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara lain.

2. Goggle atau Kacamata

Karena helm off-road tak dilengkapi visor, maka pelindung mata dari kerikil dan pasir adalah kacamata. Penggunaan kacamata berjenis khusus dalam off-road juga ditujuakn sekaligus mencegah terjadinya pengembunan di kaca helm akibat proses pernapasan ketika berkendara.

3. Jersey dan Sarung Tangan

Terlihat sepele namun sarung tangan dan pakaian khusus atau jersey memiliki peran penting untuk mencegah pengendara mengalami masalah kesehatan akibat menggunakan pakaian basah dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, keduanya juga berfungsi untuk memaksimalkan pergerakan yang lebih efisien saat berkendara melintasi jalanan yang cukup ekstrem.

4. Chest, Inner Knee dan Elbow Protector

Saat ‘blusukan’ di medan off-road, resiko terjatuh hingga membentur  tanah atau bebatuan sangat lah tinggi. Untuk itu, kelengkapan protector ini sangat penting guna melindungi bagian dada, siku dan lutut pengendara saat terjatuh.

5. Sepatu

Tak kalah penting, sepatu khusus off-road juga perlu dikenakan karena akan melindungi kaki tepatnya tulang kering dari cedera akibat jatuh dan tertimpa motor, atau terkena batang pohon dan batu selama berada di perjalanan. Sepatu yang digunakan pun harus tinggi menutupi mata kaki sampai ke betis.

Demikian tips agar selalu aman dalam melakukan perjalanan off-road menggunakan motor trail. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki motor trail secara kredit, segera ajukan permohonannya di Oto Kredit Mobil pada tautan berikut ini: otofinance.co.id/precustomercf

Tags : CRF150L Honda CRF1000L Africa Twin CRF250L Astra Honda Motor OTO Kredit Motor OTO Finance



related news