OTO Group Tingkatkan Literasi Keuangan Untuk Pelajar SMA Negeri 1 Kepanjen

  • otofinance2016
  • |
  • Monday, 12 Nov 2018

Otofinance, Kepanjen – OTO Group bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan sosialisasi edukasi dan literasi keuangan kepada ratusan siswa-siswi yang duduk di kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen, Malang, Jawa Timur pada 1 November 2018.

Kegiatan edukasi dan literasi keuangan ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan OTO Group sesuai dengan amanat Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) tentang perlindungan konsumen. Sebagai perusahaan pembiayaan otomotif independen terkemuka di Indonesia, OTO Group selalu mendukung program untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang industri keuangan di Indonesia baik industry perbankan maupun non bank.

Sebelumnya, OTO Group juga telah menyelenggarakan kegiatan yang sama di berbagai kota di Indonesia mulai dari kota Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Cirebon, Bogor dan Karawang. Peserta yang ikut serta pada waktu itu pun beragam mulai dari pelajar, mahasiswa hingga Perguruan Tinggi Kepolisian.

Nugroho Triko Pramono selaku Direksi & Corporate Secretary OTO Group mengatakan “Di hari yang berbahagia dan bangga ini, saya ucapkan terima kasih kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang dan juga kepada SMA Negeri 1 Kepanjen sebagai sekolah unggulan dengan segudang prestasi mulai dari nasional hingga internasional atas penyelenggaraan kegiatan ini. Kami berharap seluruh peserta hari ini dan juga seluruh masyarakat Kabupaten Malang mampu meraih kesuksesan di masa depan dan memiliki pengetahuan tentang keuangan yang lebih baik lagi.” Ujar Nugroho.

Nugroho juga menambahkan bahwa 70% kendaraan yang ada di Indonesia merupakan kendaraan dengan pembelian melalui sistem kredit. “Kehadiran OTO group ingin membantu masyarakat dalam memiliki kendaraan bermotor yang diinginkan. Untuk itu Kami ingin para peserta hari ini mampu membagikan informasi tentang pembiayaan ke masyarakat lainnya.  Jadi kredit itu bukan karena tidak mampu, tapi sebagai sistem yang mampu membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan.” Tambah Nugroho.

Terbagi dalam tiga sesi, Widodo selaku Kepala Kantor OJK Malang mengawali kegiatan dengan menjadi narasumber pertama yang bertugas mengenalkan OJK dan Jasa Keuangan di Indonesia kepada para peserta. Pada sesi ini beliau menyampaikan perlunya mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan lebih dalam lagi mengenai Lembaga Jasa Keuangan.

“OJK sebagai lembaga independen yang mengawasi dan memberi pembinaan terhadap industri keuangan perbankan dan non bank berharap agar seluruh masyarakat Jawa Timur mampu meningkatkan literasi keuangannya menjadi lebih dari 37.4% agar dapat lebih memahami dan memanfaatkan berbagai sektor keuangan untuk perekonomian yang lebih baik serta terjauhi dari investasi atau pembiayaan illegal yang merugikan.” Ujar Widodo dalam kesempatannya menjadi narasumber untuk siswa – siswi SMA Negeri 1 Kepanjen.

Kemudian sesi berikutnya diisi dengan pengenalan tentang perusahaan pembiayaan oleh Hero Justin Sihombing selaku Corporate Legal Dept. Head. Sesi ini membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan kelayakan pembiayaan,persyaratan kredit untuk sepeda motor dan mobil, manfaat dan resikonya serta hak-hak dan kewajiban kedua belah pihak dalam pembiayaan.

Sesi selanjutnya membahas tentang pengenalan dunia kerja untuk para siswa oleh Yudi Priyanto selaku Industrial Relation & Personel Dept Head OTO Group. Disini Yudi menyampaikan pengenalan tentang dunia pekerjaan setelah sekolah. Peserta pun kian antusias ketika mendengar penjelasan tentang seluk beluk OTO Group dan seperti apa fasilitas serta jenjang karir yang ada didalamnya. Tak lupa, sesi ini pun diakhiri dengan memberi semangat para siswa-siswi untuk fokus pada peminatan belajar agar mencapai karir yang sesuai dan cemerlang di kemudian hari.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan buku berjudul “Mengenal Otoritas Jasa Keuangan Untuk Kelas X” dan penyerahan CSR dari PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance selaku unit bisnis OTO Group kepada SMAN 1 Kepanjen. CSR yang diberikan berupa empat buah notebook dan dua buah printer diberikan secara simbolis oleh Nugroho Triko Pramono sebagai salah satu jajaran Direksi & Corporate Secretary OTO Group kepada Drs. H. Sulaiman, Mpd selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Kepanjen.

Selain itu, OTO Group juga berbagi keceriaan dengan memberikan door prize berbentuk voucher belanja, tas sekolah dan tiga buah smartphone sebagai hadiah utama kepada para siswa-siswi SMA Negeri 1 Kepanjen.

“Terima kasih atas kepercayaan OTO Group dan OJK kepada SMA Negeri 1 Kepanjen sebagai perwakilan dari kabupaten Malang untuk diadakannya kegiatan edukasi dan literasi keuangan ini. Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya kegiatan ini mampu memberikan banyak pengetahuan agar selalu cerdas dan teliti dalam memanfaatkan berbagai fasilitas keuangan yang ada.” Tutup Drs. H. Sulaiman, Mpd dalam ucapan terima kasihnya. (teks & foto: auditya)

Tags : OTO Group OTO Finance OTO Kredit Motor Edukasi & Literasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan



related news