Mengenal Traction Control System, Fitur Canggih Yang Ada Di All New Yamaha Nmax

  • otofinance2016
  • |
  • Wednesday, 18 Dec 2019

Otofinance, Jakarta - Kehadiran Yamaha All New NMAX 155 2020 dengan banyak fitur dan teknologi canggih memicu banyak komentar dari masyarakat. Salah satu yang ramai dibicarakan, adalah fitur Traction Control System alias TCS.

Fitur dari motor balap MotoGP ini, sebenarnya sudah banyak dipakai skutik seperti Yamaha XMAX dan TMAX DX. Namun karena nanti akan digunakan di Yamaha NMAX terbaru, fitur TCS dikhawatirkan akan sia-sia karena rumor beredar jika fitur TCS hanya efektif untuk motor-motor dengan kapasitas dan tenaga mesin yang besar. Sedangkan Yamaha NMAX terbaru disebut berlebihan karena jadi skutik 150-155 cc pertama yang pakai TCS. Apakah benar demikian?

Agar lebih paham, mari cari tahu dulu fungsi dari TCS.  Sesuai namanya, fitur ini berfungsi sebagai sistem yang menjaga traksi roda belakang agar tidak selip sewaktu melibas jalanan basah, licin atau berpasir. Jadi secara prinsip kerjanya, fitur TCS sangat berguna untuk motor kapasitas mesin apapun.

Lebih detailnya, TCS pada Yamaha NMAX 2020 akan berkerja berdasarkan pembacaan speed sensor yang ada di ban yang kemudian diproses melalui ECU seperti yang disampaikan oleh M. Abidin, GM After Sales and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada saat peluncuran beberapa waktu lalu.

“Jadi cara kerjanya, kalau putaran ban karena kehilangan traksi enggak terlalu besar, ECU hanya memotong pengapian. Selain memotong pengapian, TCS bakal lebih terasa sewaktu ban Yamaha All New NMAX 2020 kehilangan traksi,” Jelas Abidin.

"Ini ketika speed sensor mendeteksi putaran ban akibat kehilangan traksi terlalu besar, ECU langsung mempengaruhi injector. Jadi pada saat itu ECU memerintahkan injector untuk mengurangi debit bahan bakar," lanjutnya.

Dengan penjelasan tersebut, bisa dipastikan fitur TCS di Yamaha Nmax akan serupa sama seperti dengan yang ada di Yamaha XMAX dimana saat TCS aktif, motor akan terasa daya laju motor akan terasa tersendat. Kenapa demikian? Karena fitur TCS bekerja untuk membatasi kecepatan sehingga membuat ban belakang tidak overspin yang beresiko membuat motor kehilangan traksi.

Mengingat fungsi dari fitur Traction Control System ini yang sangat bisa diunggulkan, maka disayangkan Yamaha hanya menyediakannya di tipe tertinggi yakni All New NMAX 155 Connected.

Namun demikian, tipe ini juga akan menambah sensasi berkendara yang futuristis karena juga memiliki fitur terkoneksi dengan gadget pengendara serta fitur TCS tadi bisa dikombinasikan dengan ABS Dual-channel alias depan-belakang untuk efektivitas menjaga traksi saat mengerem.

Penasaran bagaimana rasa mengendarainya? Mari kita tunggu bersama karena Yamaha Indonesia baru mulai mendistribusikan All New Yamaha Nmax 155 pada Maret 2020 nanti.

Tags : All New Nmax 155 NMax Nmax Facelift Yamaha NMax 155 All New Nmax 155 Connected YIMM PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing OTO Kredit Motor OTO Finance



related news