Menanti Janji Astra Honda Motor Meluncurkan Dua Motor Listrik Tahun Ini

  • otofinance2016
  • |
  • Thursday, 09 Feb 2023

Otofinance, Jakarta – Pada gelaran Indonesia Motor Show (IMOS) 2022 lalu, pihak PT Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan jika pihaknya bersiap memproduksi dan meluncurkan sepeda motor listrik pada tahun 2023.

Keputusan Honda menunda partisipasi dalam tren elektrifikasi kendaraan ini tak lepas dari wacana pemerintah terkait wacana subsidi Rp7 juta buat pembelian motor listrik baru dan hasil konversi. Kini, memasuki bulan kedua di 2023 bagaimana kelanjutan AHM mengenai rencana tersebut?

Dalam laporan CNN, Ahmad Muhibbudin selaku GM Corporate Communication AHM mengatakan sesuai rencana pihaknya bakal merilis motor listrik tahun ini. "Kehadiran motor listrik Honda masih sesuai dengan rencana semula. Kami akan rilis motor listrik Honda tahun ini," ujar Muhibbudin (7/2).

Namun begitu, AHM belum mau membocorkan soal model motor listrik yang akan dirilis untuk pasar Indonesia. Pihaknya masih mengkonfirmasi jika model yang ditampilkan akan sesuai dengan yang pernah ditayangkan pada pameran IMOS 2022 lalu.

"Modelnya seperti pada siluet yang pernah kami sampaikan sebelumnya. Untuk waktunya nanti akan dikabari begitu saatnya tiba," tambah Muhibbudin.

Belum diketahui secara pasti motor apa yang akan diluncurkan, tetapi kemungkinan besar motor listrik tersebut berjenis matic dalam kapasitas tenaga berkisar di antara 125 – 150cc. Jika mengacu pada unit yang sudah tersedia, ada satu motor listrik matic yang diluncurkan Honda di tahun 2022 yakni Honda U-Go atau dikenal EM1 e.

Motor ini sudah dipamerkan di pameran EICMA Milan pada November 2022 kemarin. Untuk spesifikasinya, Honda U-Go ditenagai baterai Lithium-ion 48V 30Ah yang bisa menghasilkan daya hingga 800 W. Jika baterai penuh, maka bisa mencapai jarak hingga 65 km. Tetapi, jaraknya bisa diperpanjang hingga 133 km karena motor ini memiliki kemampuan menyimpan dua baterai.

Lantas apakah motor listrik yang akan dihadirkan AHM nanti Honda U-Go atau model unggulan Honda di Indonesia yang akan dikonversi menjadi versi listrik? Untuk tahu jawabannya, simak terus informasinya hanya di Otofinance.co.id

Tags : Honda U-GO Astra Honda Motor OTO Kredit Motor OTO Finance



related news