Meluncur Lebih Awal Di Thailand, Kawasaki ZX-4R Dibanderol Hampir Rp 160 Jutaan

  • otofinance2016
  • |
  • Thursday, 23 Mar 2023

Otofinance, Jakarta - Kawasaki Ninja ZX-4R baru saja lebih awal diluncurkan di Thailand tepatnya pada ajang Bangkok Motor Show 2023 dari 22 Maret sampai 2 April mendatang. Motor ini sudah banyak dibicarakan akan meluncur di Indonesia namun ternyata Thailand terpilih untuk memulainya.

Sesuai namanya, ZX-4R merupakan varian lebih besar dari Kawasaki Ninja ZX-25R. Jika hanya melihat sekilas, tampilan keduanya terbilang sangat lah mirip mulai dari fairing sampai basis mesinnya mirip. Namun ada perbedaan utama, yang paling jelas adalah penggunaan mesin lebih besar 399cc dengan bore x stroke 57.0 x 39.2mm,

Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaganya tembus 80 dk dengan ram air serta torsi 35,92 Nm, sampai redline mencapai 16.000 rpm. Untuk menjinakkan tenaga yang lebih besar, perbedaan juga terdapat di area pengereman Kawasaki Ninja ZX-4R. Beda dengan Kawasaki Ninja ZX-25R, rem ZX-4R lebih padat dengan penggunaan double disc di depan. Spek kalipernya tetap radial monoblok dan masih dilengkapi teknologi ABS sampai kontrol traksi.

Sebelumnya, beredar rumor jika PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan segera menjual Ninja ZX-4R di 2023 ini. Bahkan jika melihat beberapa cuplikan di media sosial PT KMI, tersirat jika motor ini sudah dites di sirkuit Sentul oleh pembalap legenda Petrus "Tobun" Canisius. Cuplikan tersebut juga sedikit menggambarkan betapa galaknya mesin 399cc di ZX-4R yang pada gigi 5 bisa tembus kecepatan hingga 207 km/jam.

Tentunya, performa ala supersport ini akan menggoda para penggila kecepatan, apalagi raungan mesin inline-4 alias 4 silinder yang jadi daya tarik khas juga tetap ada di ZX-4R.

Masuk ke poin harga, Kawasaki Ninja ZX-4R dijual di Thailand mulai 320 ribu Baht, atau sekitar Rp 143 jutaan. Ada juga varian ZX-4R SE dengan grafis dan fitur lebih lengkap dengan harga 360 ribu Baht, atau Rp 159.788.524.

Sebagai perbandingan, Kawasaki Ninja ZX-25R 2023 harganya start Rp 105 juta untuk varian reguler. Apakah harga Kawasaki Ninja ZX-4R di Indonesia bisa lebih tinggi dari Thailand? Melihat skema pajak serta pasar motor sport di atas 250cc, harga ZX-4R bisa jadi tembus Rp 150 jutaan.

Harga itu masih jauh lebih murah dibanding motor supersport lain, yang rata-rata pakai mesin 600cc. sebagai contoh Kawasaki Ninja ZX-6R terbaru yang harganya tembus Rp 340 juta, jadi ZX-4R dapat disebut masih menarik dan terjangkau untuk sekelas moge segmen diatas 250cc apalagi telah dilengkapi fitur kekinian, dari throttle by wire sampai panel instrumen yang dilengkapi fitur Rideology yang bisa koneksi ke smartphone.

Kapan Kawasaki Indonesia akan mengumumkan peluncurannya? Untuk tahu jawabannya, simak terus informasinya hanya di Otofinance.co.id

Tags : Kawasaki Ninja ZX-4R Kawasaki Motor Indonesia OTO Kredit Motor OTO Finance



related news