Kencan Singkat Bersama New Vespa GTS Super 150 i-Get ABS

  • otofinance2016
  • |
  • Friday, 28 Jun 2019

Otofinance, Jakarta – Pada 25 Juni 2019, PT Piaggio Indonesia baru saja merilis skutik andalan terbarunya di segmen 150 cc yakni New Vespa GTS Super 150 i-get ABS. Skutik ini dibanderol mencapai harga Rp 58 juta. Lalu seperti apa kah kesan pertama mengendarai skuter premium ini?

Reporter otofinance.co.id mendapat kesempatan untuk menjajal skuter bongsor tersebut sesaat setelah New Vespa GTS Super 150 i-get ABS diluncurkan di bilangan Gunawarman, Jakarta Selatan.

Unit New Vespa GTS Super 150 i-get ABS yang dicoba adalah varian berwarna merah yang dinamai Red Passionette. Pada pandangan pertama, warna merah metalik yang membungkus sekujur tubuhnya terlihat begitu ‘eye catchy’ dan punya build quality cukup baik, khas Vespa.

Pada saat pertama menungganginya, rasa dan beban dari skutik yang merupakan jajaran bodi besar dari Vespa ini begitu terasa. Hal itu dikarenakan dimensi New Vespa GTS Super 150 i-get ABS punya panjang 1.950 mm dan lebar 740 mm. Sementara tingginya ada di angka790 mm dan punya jarak sumbu roda 1.350 mm.

Dengan postur tinggi badan 169 cm dan berat 75 kg, dimensi Vespa GTS Super 150 baru itu terasa sedikit besar. Dalam kondisi diam, posisi kaki harus jinjit demi mengatasi jok yang lumayan tinggi dan lebar.

Berbeda ketika mulai diajak jalan,  Posisi joknya yang tinggi dapat sedikit meningkatkan visibilitas dalam berkendara, ditambah lagi ada ruang dek yang lebar sehingga membuat kaki sangat nyaman karena tidak perlu menekuk. Dimensi yang besar juga tidak mengganggu ketika harus melewati jalan yang macet. Hanya saja kembali ke masalah kaki yang sulit menapak sehingga terasa pegal ketika digunakan dalam kondisi macet.

Kemudian, bagaimana dengan sektor dapur pacunya? New Vespa GTS Super 150 dibekali mesin SOHC 155,1 cc, i-get, 4 katup, satu silinder dan dilengkapi sistem start & stop. Tenaga maksimalnya mencapai 10,8 kW/8.250 rpm dan torsi maksimum 13,5 Nm/6.750 rpm.

Saat mencoba tenaganya, mesin dari New Vespa GTS Super 150 bekerja begitu smooth. Begitu pun saat gasnya diputar secara konstan, tenaga yang disalurkan pada putaran rendah tidak begitu dapat dirasakan.  Namun demikian, karakter mesin tersebut sudah cukup digunakan untuk harian.

Bagi yang belum terbiasa membawa skuter dengan profil ban gambot 120/70-12 di depan dan 130/70-12 di belakang, tampaknya perlu penyesuaian. Sebab ban dengan tapak yang cukup lebar itu membuat roda sedikit saat digunakan di kecepatan rendah. Namun hal itu berbeda drastis ketika Si Bodi Besar ini digunakan dalam kecepatan cukup tinggi.

Selanjutnya bagian pengereman, The New Vespa GTS 150 Super i-get ABS ini sudah memakai rem cakram di depan dan belakang. Diameter cakramnya sendiri 220 mm dan sudah dilengkapi teknologi ABS yang akan mencegah roda ban mengunci saat dilakukan hard braking. Ketika rem tersebut dicoba, tingkat kepakeman cukup terasa saat digunakan dalam jarak pengereman pendek seperti menghadapi polisi tidur. Suspensinya pun terasa empuk berkat system peredam kejut hidrolik ganda yang tingkat kekerasannya dapat disetel.

Fitur lain dari New Vespa GTS Super 150 yang dirasakan adalah start stop system yang sudah familiar lebih awal di motor-motor pabrikan Jepang. Fitur ini akan membuat mesin mati seketika saat motor tidak berjalan selama beberapa detik. Dan untuk menghidupkannya kembali tinggal puntir lagi throttle gasnya. Fitur ini bakal sangat berguna di kondisi jalan stop n go seperti di kota Jakarta.

Selain itu, Vespa GTS Super 150 terbaru ini juga memiliki fitur pengamanan yang optimal berkat adanya bike finder dan immobilizer. Tak lupa, skutik ini juga tampil futuristis dengan adanya USB port yang terletak di bagasi depan.

Kesimpulannya, skutik premium New Vespa GTS Super 150 i-get ABS ini memang cocok untuk penggunaan harian yang tidak begitu membutuhkan ketangguhan sehingga sangat pas jika diperuntukkan bagi para pegiat dan penggemar skuter ikonik Piaggio Vespa untuk berkendara santai dan menikmati fitur serta spesifikasi yang ditawarkan. (Auditya/Otofinance.co.id)

Tags : Test Ride Vespa Test Ride New Vespa GTS Super 150 New Vespa GTS Super 150 I-get ABS Piaggio Vespa Piaggio Indonesia OTO Kredit Motor



related news