Ini Rahasia Motor Ducati di MotoGP Makin Kencang

  • otofinance2016
  • |
  • Wednesday, 05 Jul 2017

Jakarta, Bologna – Ajang kejuaraan balap motor tercepat di dunia, MotoGP memang selalu menyajikan warna baru yang selalu menarik untuk disimak. Paling terkini adalah performa Ducati Desmosedici GP 2017 yang makin kencang dan kompetitif, terutama di lintasan track lurus. Siapa sangka ternyata salah satu faktor yang membuat motor Ducati bisa berlari lebih cepat adalah berkat pengembangan suspensi depan yang unik.

Ducati bekerjasama dengan pembuat suspensi ternama, yaitu Ohlins mengembangkan teknologi suspensi depan dengan menggunakan carbon fibre fork tubes agar laju motornya bisa berlari lebih kencang lagi. Suspensi terbaru ini sudah bisa dilihat disetiap balapan MotoGP pada motor yang ditunggangi Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo. Warnanya berwarna hitam dengan sentuhan warna emas.

Suspensi jenis fork/garpu bermaterial serat karbon ini ampuh mampu mengurangi bobot motor dan juga disebutkan lebih lentur, sehingga suspensi depan bisa menyesuaikan dengan gaya pengendaranya menjadi lebih mudah. Sementara versi lamanya tidak bisa diatur dan tidak lentur. Di tikungan misalnya, si pengendara membutuhkan perasaan yang lebih untuk bisa mengendalikan motor.

Model suspensi garpu lama disebutkan juga tidak sanggup memberikan timbal balik pada pengendaranya, sehingga rider kesulitan mengendalikan motornya dan butuh penyesuaian kembali. Garpu dari serat karbon ini merupakan salah satu solusi yang cukup pintar dalam berbagai sudut yang ekstrim sekalipun.

Tags : Ducati Desmosedici MotoGP GP 2017



related news