Diluncurkan Tahun Depan, Apakah Honda PCX Di Indonesia Sama Dengan Eropa?

  • otofinance2016
  • |
  • Thursday, 03 Dec 2020

Otofinance, Jakarta - Dengan merilis All New Scoopy, PT Astra Honda Motor menyatakan telah menutup agenda peluncuran produk di tahun 2020. Namun, masih ada satu hal yang mengganjal publik yakni mengenai kabar mengenai rencana AHM menghadirkan skutik premium 150cc andalannya yakni PCX 150. Terlebih lagi, Honda PCX sudah diumumkan dalam model baru untuk pasar Eropa. Akan kah model itu menjadi gambaran PCX baru nanti?

Jika menarik fakta Honda PCX Eropa yang sebelumnya mengadopsi telak desain Honda PCX versi Asia, maka kemungkinan besar All New Honda PCX yang akan dihadirkan di Indonesia serupa dengan Eropa. Namun jika demikian, tak sulit bagi Honda untuk membuat diferensiasi produk antara dua benua dengan menambahkan atau mengurangi fitur dan teknologi yang sesuai kondisi pasar.

Sekilas mengenai Honda PCX yang sudah diumumkan di Eropa, tampak perubahannya begitu menggoda. masih mempertahankan garis model sebelumnya, tetapi bagian lampu depan semakin tegas dan sipit. Adapun, bentuk lampu belakang berbentuk X.

Sementara itu, ubahan besar terjadi di bagian mesin. Meski PCX di Eropa memiliki kapasitas mesin hanya 125cc dibanding PCX Indonesia yang berkubikasi 150cc, PCX terbaru Eropa menggendong spesifiksi mesin 125 cc eSP baru dengan jumlah katup mesin yang ditingkatkan dari dua menjadi empat. Bore x stroke juga meningkat dari 52,4 x 57,9 menjadi 53,5 x 55,5 mm.

Perubahan itu pun membuat tenaga PCX merangkak naik dari 9,0 kW pada 8.500 rpm dan torsi 11,8 pada 5.000 rpm, menuju 9,2 kW pada 8.750 rpm dan torsi 11,8 Nm pada 6.500 rpm. Peningkatan ini meningkatkan akselerasi pada kecepatan 90 km/jam, dengan kecepatan maksimal mencapai 98 km/jam.

Fitur lain yang disematkan pada model baru ini adalah kapasitas penyimpanan di bawah jok yang mencapai 2,4 liter ekstra dan mampu menampung volume total hingga 30,4 liter. Kapasitas ini cukup untuk menyimpan satu helm full-face.

Selain itu, saat ini juga ada soket USB Type-C di ruang glovebox. Kehadiran fitur baru ini menggantikan pengisi daya smartphone yang tersemat di model sebelumnya.

Pada panel instrumen, PCX terbaru mendapatkan layer LCD yang cukup lebar dan dapat menampilkan sejumlah informasi, seperti jarak tempuh, trip meter, indikator bahan bakar, dan pengukur konsumsi bahan bakar.

Terakir soal harga, saat ini AHM menawarkan dua varian PCX 150 CBS seharga Rp 29,843 juta dan PCX 150 ABS dibanderol Rp 32,842 juta. Jadi, jika menerka harga yang akan dipasarkan untuk All New PCX di Indonesia nanti, kemungkinan harga akan naik mengingat model ini menawarkan sejumlah peningkatan.

Ingin tahu lebih lanjut berita seputar All New Honda PCX 2021? Simak terus informasinya hanya di otofinance.co.id

Tags : All New Honda PCX All New Honda PCX Series Astra Honda Motor OTO Kredit Motor OTO Finance



related news